Patungan/Saweran sebenarnya adalah suatu kegiatan yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dahulu kala, ini biasa dilakukan pada banyak kegiatan-kegiatan di masyarakat dan tentunya hasilnya pun untuk kepentingan masyarakat itu sendiri pula.

Crowdfunding adalah sebuah upaya kolektif dari orang-orang yang berada dalam suatu jaringan sosial untuk mengumpulkan dana bersama dan tidak lain adalah untuk diinvestasikan dan mendukung upaya yang diprakarsai oleh seseorang atau organisasi lain.

Star Citizen yang bertajuk online-gaming, pada 20 Oktober 2013 telah meraup dana sekitar US$23 juta, mengalahkan rekor yang sebelumnya dibuat oleh Pebble Watch yakni US$10 juta.

Pada tahun 2014 Star Citizen masuk kedalam Guinness World Record sebagai “largest single amount ever raised via crowdsourcing” dana terkumpul sekitar US$39 juta dan berhasil mencapai US$87 juta pada bulan Agustus 2015.

its not what you do, but why you do it

Sebelumnya berbicara lebih lanjut sebaiknya saya perkenalkan beberapa elemen penting dalam crowdfunding

Project adalah Sebuah ide tentang apapun itu dengan tujuan jelas yang ingin direalisasikan.

Funding Goal adalah jumlah uang yang dibutuhkan kreator untuk mewujudkan proyeknya.

Creator adalah seseorang atau kelompok yang mempunyai ide dibalik proyek dan berupaya mewujudkannya.

Jumlah uang yg akan diinvestasikan terbagi menjadi beberapa Pledge. Dalam tiap pledge terdapat nominal investasi yang berbeda-beda dengan jumlah reward yang berbeda-beda pula, pledge ini seperti slot yang nantinya akan dipesan oleh para backers

Backer adalah orang-orang yang mendukung dengan cara memesan slot dari pledge yang telah disediakan oleh kreator agar proyeknya terwujud.

Tidak ada backers yang akan dikenakan biaya untuk pledge sebelum pendanaan berhasil atau dengan kata lain Funding Goal telah tercapai, dengan begitu sang kreator harus selalu memiliki dana yang telah ditentukan sebelum membuat proyek.

Reward disini sebenarnya adalah produk hasil akhir dari proyek itu sendiri, yang nantinya akan dibagikan kepada para backers, produknya pun bisa bermacam-macam tergantung dari pledge yang telah dipesan oleh para backers

Dalam setiap proyek crowdfunding akan ditetapkan funding goal yang harus terkumpul dalam kurun waktu tertentu misal dalam sebulan harus terkumpul sekitar $10xxxx agar ide/proyek ini bisa terwujud. Dan pada tiap harinya jumlah uang yang terkumpul harus bisa dipantau oleh para backers.

Dalam mencari backers juga tidak begitu sulit karena backer pertama bisa jadi dari teman anda, keluarga, teman kantor, atau siapapun itu yang masih berhubungan dekat dengan anda. Begitu proyek sudah menghasilkan daya tarik yang cukup bagus, investor lainpun akan mulai berdatangan.

Setelah ide/proyek kita terdaftar dalam sebuah platform crowdfunding biasanya kita hanya tinggal menunggu lalu akan viral dengan sendirinya, padahal sebenarnya tidak seperti itu, kita harus mendayagunakan semua kanal seperti sosial media, email-marketing, atau bahkan menghubungi media lokal untuk menunjukan keseriusan dari proyek tersebut.

3 hal yang menjadi daya tarik konsumen untuk terlibat dalam sebuah proyek crowdfunding,

  1. Adanya tujuan besar dari proyek tersebut dan tentunya harus realistik.
  2. Reward atau insentif yang menarik.
  3. Presentasi yang menarik dan membuat ingin berpartisipasi dalam sebuah proyek.

Purpose, Reward, and Presentations

Setiap ide/proyek harus mempunyai alasan kuat dibaliknya, karena itu dibutuhkan presentasi yang dapat menarik perhatian backers, entah menggunakan video, youtube, instagram, dll karena semua itu mempunyai poin penting dalam keberhasilan proyek.

Banyak yang berpikiran bahwa crowdfunding ini hanya berguna untuk startup atau UKM, sebenarnya itu tidak benar. Karena crowdfunding itu menciptakan sebuah kesempatan berinvestasi dalam bisnis apapun dengan cara yang tidak biasa dan ini bisa menjadi alternatif baru dari bisnis yang sudah ada cukup lama sebelumnya.

Misalkan ada sebuah perusahaan besar ternama ya ingin memperluas jangkauan produk mereka dengan menciptakan produk yang baru, platform crowdfunding adalah ide yang sangat bagus, karena perusahaan akan menarik pelanggan potensial, loyal dan secara tidak langsung setiap konsumen akan berlaku seperti influencer dari produk tersebut.

Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari crowdfunding

Efisien, gak pake ribet

Ceritakan tentang produk kamu, buat video yang menarik, merchandise (reward), lalu sebarkan di sosial media.

Membangun sosial network dan trust

Konsumen akan tertarik berinvestasi karena telah terbukti banyak orang yang ikut berinvestasi juga.

Kesempatan untuk brainstorming dengan pelanggan

Konsumen akan lebih dekat dengan kita dan selalu bisa memberikan ide-idenya, sehingga ini menjadi kesempatan untuk memperbaiki atau menyempurnakan produk yang sedang dalam pengembangan.

Early adopters dan konsumen yang loyal

Mendapatkan pelanggan yg dipastikan loyal karena mereka percaya dengan tujuan dari proyek tersebut.

Meningkatkan pemasaran dan eksposur dalam media sosial

Konsumen/investor secara tidak langsung akan menjadi influencer dari bisnis itu sendiri.

“If you need to raise funds from donors, you need to study them, respect them, and build everything you do around them.” ~ Jeff Brooks