Mau dengerin musik ini itu, hmm.. itunes ada gak ya.. klo di spotify ada gak ya… duh coba di grooveshark deh … apa coba cari di deezer aja … di soundcloud ada gak ya… duh ga ada juga.. ujung-ujungnya donlot dari torrent atau ripping dari youtube deh.

Ha ha pernah kaya gitu gak brosis, bingung nyari mp3 kemana-mana, hal seperti ini sudah bisa diatasi kalo kamu memakai aplikasi yang namanya Tomahawk.

Tomahawk adalah sebuah social music player yang bisa dipakai di hampir semua internet enable device yg kamu miliki berbasis Windows, Mac, Linux, Android, dan IOS.

Tomahawk ini bisa dibilang sebagai aplikasi cross platform dan Tomahawk ini akan selalu gratis alias open source, artinya aplikasi ini akan terus hidup karena dukungan dari komunitas penggunanya.

Yang menjadi keunikan dari Tomahawk ini adalah adanya sebuah content music resolver, yaitu semacam plug-in yang bisa diinstall oleh penggunanya sendiri dan berguna sebagai mesin pencari lagu di beberapa music streaming services melalui sebuah API dari tiap streaming service itu sendiri.

Contoh beberapa streaming service yang bisa dipakai seperti Soundcloud, Spotify, Official.fm, YouTube, Bandcamp, Deezer, Grooveshark dan lainnya.

Jadi setiap kali kamu mencoba untuk mencari dan memutar lagu, Tomahawk mungkin menggunakan kombinasi dari beberapa streaming service untuk memberikan audio. Kalo lagu yang dicari sudah ada di harddisk pengguna, tentunya Tomahawk akan memutar lagu dari hardisk pengguna.

Tomahawk akan lebih berguna ketika kamu mencoba untuk memutar lagu yang belum kamu miliki, misal seperti memutar playlist seorang teman yang juga menggunakan Tomahawk.

Ketika memutar playlist orang lain, sumber lagu bisa berbeda-beda, track pertama bisa jadi dari youtube, track ke-2 dari soundcloud atau track ke-3 mungkin dari harddisk sendiri.

Yang lebih canggih lagi adanya sistem Tomahawk P2P streaming client, dimana seorang pengguna bisa memutar lagu yang ada di komputer temannya dari komputer pribadinya, atau mungkin misalnya memutar lagu yang ada di komputer kantor dari laptop di rumah.

Buat yang kepengen nyoba dan donlot app nya, bisa cekidot disini
https://github.com/tomahawk-player/tomahawk