Parasit adalah organisme yang hidup menempel dengan organisme lain. Dan mendapat keuntungan sumber daya dari inang-nya serta mengeksploitasi inangnya tanpa timbal balik.

Begitupun halnya dengan banyaknya aplikasi yang mengambil keuntungan serta sangat bergantung dengan beberapa raksasa sosial media seperti facebook, twitter, dan google (TheBigThree)

Banyak dari tipe aplikasi semacam ini yang mengharuskan user untuk login dengan menggunakan facebook, twitter atau google, beberapa contoh dari aplikasi ini seperti TwitPic, Timehop, Pixable, Periscope, Meerkat.

Tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi ini akan menjadi lebih populer dibandingkan facebook, twitter, dan google. Ketika ini terjadi, mereka mempunyai banyak cara untuk memutus hubungan dengan aplikasi tersebut dengan tujuan untuk mengurangi persaingan bisnis. Pada akhirnya aplikasi tersebut akan kehilangan banyak user/popularitas dan kemudian tutup, atau diakusisi oleh salah satu dari sosial media tersebut.

Sebagai contoh, TwitPic diakusisi oleh Twitter lalu kemudian diberhentikan, LightBox diakusisi oleh Facebook lalu kemudian diberhentikan karena akusisi Instagram belum lama ini, Periscope diakusisi oleh Twitter untuk menutup persaingan popularitas dengan Meerkat.

Aplikasi-aplikasi yang demikian, bisa disebut sebagai aplikasi parasit, karena sangat berketergantungan dengan inangnya, yakni sosial media, tanpa resource dari inangnya mereka tidak akan bertahan lama.

Masalah lainnya adalah, untuk user yang menutup akun facebook/twitter-nya, tentu akan menyebabkan user tersebut tidak bisa login kedalam aplikasi yang akhirnya hanya akan membuat jengkel user dan membuang aplikasi tersebut.

Karena itu akan lebih baik jika sebuah aplikasi tidak terlalu bergantung dengan sosial media lainnya, memulai network sendiri memang akan terasa lebih lambat dan sulit tapi akan jauh lebih aman, tahan lama, dan juga tidak membuat user bingung.

When you make machines that are capable of obeying instructions slavishly, and among those instructions are ‘duplicate me’ instructions, then of course the system is wide open to exploitation by parasites.

~Richard Dawkins