Banyak orang yang menyadari bahwa internet itu sudah bisa menjadi jembatan untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang secara keseluruhan.

Bisa dilihat dari banyaknya dijual device/alat wearable seperti jam tangan, gelang, kacamata, sepatu yang notabene fungsi utama sebenarnya adalah monitoring

IoT atau Internet of Things adalah sebuah sistem dimana di dalamnya terdapat satu atau lebih mikro komputer yang saling berkaitan, dan terhubung dengan beberapa objek (manusia, binatang, tumbuhan). Sistem tersebut juga menyediakan sebuah object unique indentifiers serta mempunyai kemampuan untuk mengirimkan atau menerima data melalui internet tanpa adanya campur tangan human-to-human atau interaksi human-to-computer.

Sebuah sistem IoT harus benar-benar bebas dari campur tangan manusia dimana biasanya data yang dihasilkan oleh IoT berasal dari sensor device seperti gps, heartrate, suhu, dll. Tentunya sistem IoT harus terhubung dengan Internet serta mempunyai fungsi untuk memonitor pengguna atau lingkungan sekitar pengguna. Itulah kenapa sistem ini disebut Internet of Things.

Kata things pada Internet of Things bisa dimisalkan sebagai seseorang yang memakai alat monitor jantung dan terhubung dengan internet, atau mungkin lumba-lumba yang di inject id chip transponder, IoT juga sangat banyak diaplikasikan pada bidang pertanian, kesehatan, transportasi, smart home, dll.

Dengan maraknya perkembangan IoT, banyak dari vendor-vendor besar seperti google, amazon, facebook, berlomba-lomba membuat inovasi IoT dimulai dari drone delivery, smarthome, sampai self-driving car.

Atau mungkin jika kamu cukup tertarik, kamu bisa mencoba membuat sistem IoT kamu sendiri dengan komponen-komponen yang memang dijual bebas diluaran seperti Arduino, RaspberryPi, Wemos, NodeMCU, dll. Bisa dimulai dengan menyalakan lampu rumah lewat twitter atau membuat deteksi asap sendiri, nggak usah takut mentok kecuali kalau memang komponen yg dibeli ternyata rusak (Sedih…) karena banyak sumber-sumber DIY yang bisa kamu temukan di internet.

Oke Brosis, hopefuly helpful Happy IoT-ing…