OS X El Capitan, taktik marketing terbaru Apple

el-cap-v-windows-10_thumb800 Setelah 4 tahun berlalu dari 2012 lalu sebagai pemakai produk Apple yakni Macbook Air mid 2011 OS X Lion dan sama sekali gak pernah upgrade OS (*baca Operating System) dikarenakan taktik Apple yg dari dulu memang lebih fokus ke jualan hardware dibanding efisiensi penggunaan hardware.

Maksud gw cuman Apple sendiri yang jualan hardware melalui OS upgrade, alias kalo lo mau pake OS terbaru mending beli Macbook baru aja ... WTF (*baca What The F**k) dikarenakan hardware Macbook lo yang lama udah gak dukung misal seperti kurang cepet lah cpu nya, kurang ram, harddisk blom ssd, dll.

Dilema ini dimulai ketika Apple mengeluarkan versi upgrade OS terbarunya yakni Maverick lalu kemudian Yosemite yg dimana ketika diaplikasikan pada old Macbook performanya akan turun drastis alias lemooooottt busyeeett dah.

Padahal kalo dari segi hardware sebenernya sih harusnya gak gitu-gitu amat. Jadinya banyak user yg mulai menilai kinerja OS terbaru dari Apple sudah mulai menurun dan gak efisien.

Pada akhirnya banyak juga pengguna yg tadinya loyal Apple user beralih ke PC atau Notebook alias Windows atau Linux, ya mau gimana lagi tiap kali ada upgrade OS kudu nambah ram, lama-lama jadi harus beli baru.... situuuu Okeeeeee!!!

Tahun ini pun gw hampir me-museum-kan nih Macbook Air kalo Apple masih gitu-gitu juga, beralih totally ke Ubuntu, toh hardware apple pun klo dibanding dengan produk lain (Thinkpad, Dell, dll) masih kalah jauh juga. Kalo bukan karena XCode gak bakal gw jabanin deh nih barang.

Berbeda dengan taktik yang dilakukan oleh Microsoft, Linux atau Google dimana kalo upgrade OS lo gak perlu beli hardware baru atau laptop / PC baru.

Dan sepertinya Apple mulai mengubah taktik marketingnya dimana perkembangan OS mulai diselaraskan dengan hardware macbook, istilahnya Apple mulai melakukan efisiensi dan efektifitas kinerja OS untuk hardware-hardware yg gak terlalu jadul (*baca Jaman Dulu) dan bisa dipastikan untuk Macbook mid 2011 performa dari OS X El Capitan terasa berbeda lebih cepat dibanding dengan versi OS yg sebelum-sebelumnya.

Hmm ... mungkin ini yg ngebikin orang-orang kayak gw mikir dua kali buat nge-ditch nih produk.

Tapiii ... ada tapinya nih, performa yg didapat juga bukan karena dari El Capitan-nya tapi lebih kepada improvement hardware yg memang masih mendukung misal seperti penggunaan SSD drive, processor intel yg belum kelewat jaman, dll.

Seperti yg dijelaskan pada wiki El Capitan, memang terbukti gw rasakan performanya Up to 40% faster app launch, Up to 2X faster app switching, Up to 2X faster display of first Mail messages, dan Up to 4X faster PDF opening in Preview. Coba dari dulu kayak gini pasti salesnya lebih banyak deh.

Biar lebih afdol dan terasa bedanya, kalo mau upgrade OS ini lebih baik lakukan clean install cuci tangan sebelum mandi, backup dulu semua data. Setelah instalasi kemungkinan ada aplikasi-aplikasi yg bakal hilang sendirinya karena belum support OS ini.

Jadi sekiranya yg pengen ganti Macbook lamanya, hmm santai aja dulu broh, Apple ato brand apapun itu selalu mempunyai strategi untuk membuat konsumennya lebih konsumtif, tetapi dengan kita bertindak smart, getting fact, take what you need, acknowledge before buying, lumayan cukup bisa menghemat kantong.

I'm totally not an Apple fanboy. But if you're a fanboy, be a smart one.