Cara maksa 3G/HSPA only di android kamu

3gonlypleasePernah gak suatu ketika henpon kamu secara otomatis hanya menggunakan jaringan 2G padahal jaringan 3G nya available meskipun mungkin sinyal 3G nya hanya sekitar 5%. Hal ini juga yg menyebabkan pulsa kamu dimakan oleh provider telco dikarenakan paket data yg kamu beli hanya berguna untuk 3G saja.

Hmm... kenapa begitu ya? Ini dikarenakan kebanyakan henpon android sekarang yg mempunyai mode pengaturan untuk 2G atau 3G sebenarnya ketika kita pilih misal 3G bukan berarti henpon akan melakukan koneksi ke 3G saja, melainkan lebih ke 3G preferred, artinya ketika sinyal 3G kurang kuat misal dibawah 10%, henpon akan melakukan koneksi 2G/edge, padahal sinyal 3Gnya masih bisa dipakai, annoying bukan!

Disini gue bakal jelasin cara simpel bagaimana caranya kita tetap bisa menggunakan sinyal 3G meskipun kekuatan sinyal 3G nya itu hanya 1%.

Cara pertama yg sering gue lakukan adalah dengan menggunakan USSD code yg kamu bisa input lewat aplikasi dialer kamu, kode yg dimasukkan adalah,

*#*#4636#*#*

Pilih phone information,

wpid-wp-1450584404657.jpg

setelah itu scroll ke bawah dan liat option Set preferred network type,

wpid-wp-1450584446137.jpg

lalu pilih "WCDMA Only".

Cara kedua dipakai ketika henpon kamu tidak bisa mengakses USSD code diatas, yaitu dengan menggunakan aplikasi android Phone Testing yg kamu bisa download melalui playstore, Download Phone Testing

Aplikasi Phone testing sama kegunaannya seperti USSD code diatas, Selamat mencoba!