Bokek nih! Gimana kalo saweran, biar keren bilang aja Crowdfunding

minioncrowdfundBicara soal saweran atau biasa kita bilang patungan atau sekarang ada istilah yang lebih kerennya yaitu Crowdfunding.

Patungan/Saweran sebenarnya adalah suatu kegiatan yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dahulu kala, ini biasa dilakukan pada banyak kegiatan-kegiatan di masyarakat dan tentunya hasilnya pun untuk kepentingan masyarakat itu sendiri pula.

Yang ingin kita bahas disini adalah sebuah fenomena baru yang mungkin kalian sudah pada tahu dengan istilah Crowdfunding.

__ Sebenarnya crowdfunding ini adalah sebuah ekstensi atau modifikasi dari patungan/saweran, yang membedakan adalah dulu patungan dipakai untuk kegiatan amal atau sosial dan tujuannya adalah untuk society juga.

Nah! kalo crowdfunding, penyandang dana atau konsumen memberikan dananya kepada seorang/badan inisiator dengan tujuan untuk investasi dan mengharapkan balikan insentif, uang, barang atau status sosial dengan begitu konsumen akan memberikan dukungan finansial agar ide inisiatif yang telah diusulkan itu bisa terwujud.

Jadi Crowdfunding itu adalah sebuah upaya kolektif dari orang-orang yang berada dalam suatu jaringan sosial untuk mengumpulkan dana/uang bersama dan tidak lain adalah untuk diinvestasikan dan mendukung upaya yang diprakarsai oleh seseorang atau organisasi lain.

Crowdfunding secara definisi bisa diartikan, "Praktek pendanaan suatu usaha dengan meningkatkan masukan dana/uang yang sedikit dari sejumlah besar orang, biasanya melalui internet."

Contoh Crowdfunding yang paling sukses saat ini adalah sebuah online gaming MMO Star Citizen yang pada 20 Oktober 2013 mengaku telah mengangkat $ 23.268.214, mengalahkan sebelumnya $ 10.266.844 rekor yang dibuat oleh Pebble Watch. Pada tahun 2014 Star Citizen masuk kedalam Guinness World Record sebagai "largest single amount ever raised via crowdsourcing" dana terkumpul sekitar US$39,680,576 dan berhasil mencapai US$87 juta pada bulan Agustus 2015.

Ketika kita dihadapkan kepada sebuah platform Crowfunding (Kickstarter, Indiegogo, etc.) Ada beberapa hal yang harus dipertanyakan maupun kita sebagai inisiator atau sebagai investor,

  1. Apa yang akan mendorong keterlibatan konsumen sebagai investor.
  2. Fungsi atau Servis seperti apa yang diberikan platform tersebut.
  3. Peran apakah yang akan konsumen dapatkan ketika mereka berpartisipasi dalam Crowdfunding tersebut

Idenya dari “its not what you do, but why you do it,” akan menjadi pendorong atau kekuatan dibelakang sebuah inisiatif yang akan diwujudkan, seorang inisiator akan mampu membuat sebuah komunitas unik dan mencari individu-individu yang sependapat atau satu pikiran demi mewujudkan ide tersebut.

Dalam setiap campaign crowdfunding akan ditetapkan sejumlah Gol uang yang dibutuhkan dengan batasan hari misal dalam sebulan harus terkumpul sekitar $10xxxx agar ide ini bisa terwujud. Dan pada tiap harinya jumlah uang yang terkumpul harus bisa dilihat atau di follow up oleh para penyandang dana, untuk mengetahui keberhasilan campaign ini.

Penyandang dana pertama mungkin bisa dari teman, keluarga, kolega kantor, atau siapapun itu yang masih berhubungan, ketika campaign ini sudah menghasilkan daya tarik yang cukup bagus, konsumen-konsumen luar pun akan berdatangan untunk berinvestasi.

Ada sebuah kesalahpahaman dimana ketika kita mengadakan campaign crowdfunding, setelah menekan tombol submit. Kita tinggal tunggu dan campaign akan membuat viral dengan sendirinya, sebenarnya itu adalah hal yang tidak disarankan. Karena sebuah campaign tidak akan membentuk viral dengan sedirinya, kita harus mengutilisasi semua chanel sosial media, email blast/newsletter, dan menghubungi media lokal untuk menunjukan keseriusan dari campaign tersebut.

Ada 3 alasan dimana orang yang tadinya tidak terlibat dengan proyek jadi ingin mendukung proyek tersebut,

  1. Mereka suka dengan tujuan besar atas campaign tersebut.
  2. Mereka suka reward yang didapat dari campaign tersebut.
  3. Mereka suka dengan presentasi yang diberikan oleh campaign tersebut.

Poin-poin diatas itu sangat penting agar campaign crowdfunding bisa sukses dan lancar. Setiap campaign harus berisi alasan kuat di balik ide, hadiah menarik dan unik, dan layar eye-catching. Presentasi video juga mempunyai peran besar untuk keberhasilan campaign tersebut.

Banyak yang berpikiran bahwa crowdfunding ini hanya berguna untuk startups atau small businesss, sebenarnya itu tidak benar. Karena crowdfunding itu menciptakan sebuah funding opportunity untuk bisnis apapun yang didapat bukan dengan cara biasa dan ini bisa menjadi sebuat outlet baru dari bisnis yang sudah berkembang lama.

Misal sebuah perusahaan ternama tertarik dalam memperluas jangkauan produk mereka, investasi melalui crowdfunding bisa menjadi ide yang lebih baik, belum lagi kehebohan yang dihasilkan sebelum peluncuran. Crowdfunding telah membuktikan dirinya sebagai aset besar dalam menarik pelanggan potensial.