Android On-Body phone lock, pinter juga neh!

android-smartlock Tentunya penting buat kita semua untuk menjaga privasi dan keamanan henpon pribadi entah dari kelalaian kita sendiri atau tangan-tangan usil lainnya.

Oleh karena itulah pada umumnya setiap henpon memiliki beberapa sistem keamanan dan salah satunya adalah Lock Screen system, yang berguna untuk mengunci henpon pengguna dengan sebuah PIN atau Pattern matching ketika henpon sedang berada dalam kondisi tidak digunakan.

Pernahkah kamu pada suatu waktu sedang menggunakan henpon, diselingi dengan mengobrol dengan teman atau bermain game puzzle yg perlu mikir lama atau kegiatan lainnya, lalu kemudian henpon dengan sendirinya mengunci, karena ketika kita sedang mengobrol dengan teman, henpon masuk dalam keadaan idle atau sedang tidak digunakan.

Lalu secara sadar kamu harus terus menerus mengulangi memasukkan nomor PIN demi meng-unlock henpon, padahal henpon masih dalam konteks sedang digunakan hanya saja diselingi dengan kegiatan sementara.

Fitur on-body unlock atau bisa disebut Smartlock dari Google ini dibuat untuk mengatasi hal tersebut, fitur ini bisa digunakan untuk yang henponnya telah menggunakan OS Android Lollipop.

Cara kerjanya pun cukup sederhana, fitur smartlock ini akan mendeteksi si pengguna henpon apakah sedang memegang henpon atau berada di depan henponnya sendiri.

Henpon akan tetap berada dalam posisi unlock sampai henpon tersebut tidak berada dalam genggaman pengguna, atau misalnya ketika henpon berada dalam saku atau tas pengguna maka henpon akan kembali dalam posisi mengunci.

Cara mengaktifkan fitur ini juga cukup mudah, bisa di cari di menu Setting henpon kamu, kemudian pilih menu Lock Screen
image

Kamu bisa melihat contoh setting diatas untuk mengaktifkan fitur smartlock berdasarkan On-body detection, kamu juga bisa mengaktifkan fitur ini berdasarkan lokasi, suara pengguna dan device yg sedang dipakai.

Silahkan eksplorasi saja fitur ini, test and run, semoga berguna and happy smartlock weekend guys.