Sekilas tentang Swarm dan The New Foursquare app

Belakangan ini Foursquare sedang sibuk2x nya membuat sebuah modifikasi baru pada sisi aplikasi dan user experience dengan tujuan untuk lebih menekankan, bahwa inti dari semua yang Foursquare lakukan selama ini adalah bukan untuk membuat sebuah famous check-in button yang mungkin tiap orang bisa bilang “Kalo mau check-in ya di Foursquare aja”

Dulunya Foursquare berhasil membuat trend baru dengan memperkenalkan fitur location check-in, tapi seiring dengan perkembangan tahun trend tersebut akan hilang dengan sendirinya, sejalan juga dengan perkembangan teknologi dan data venue yang foursquare miliki Crowley berpikiran bagaimana jika Foursquare tidak membutuhkan tiap penggunanya untuk melakukan aktivitas check-in lagi, versi foursquare yang seperti apakah yang tidak mengharuskan orang untuk selalu melakukan aktivitas check-in?

Karena hal tersebut akhirnya Foursquare membagi dua aplikasinya untuk tujuan yang berbeda. Swarm yang lebih memfokuskan pada penggunanya dan The new Foursquare app yang lebih memfokuskan pada tempat/lokasi/venue.

fs_1

Untuk aplikasi Foursquare yang baru, ada beberapa fitur yang dihilangkan yaitu fitur Checkin, Badges, dan Mayorships, aplikasi ini akan lebih memfokuskan user pada lokasi/venue, misalnya user bisa mencari tempat apa yang lagi trending, restoran yang baru2x aja buka, indomaret terdekat, bioskop terdekat, atau venue spesial yang sedang memberikan diskon/sale/promo barang dagangan-nya.

fs_2

Ketika user melakukan check-in tempat pada aplikasi ini, user akan diarahkan ke aplikasi Swarm, dimana aplikasi Swarm lebih menekankan pada posisi para penggunanya.

fs_3

Swarm memperkenalkan sistem “Neighborhood Sharing” yang tidak memerlukan penggunanya untuk check-in. Jika fitur ini diaktifkan, Swarm akan memungkinkan teman-teman terdekat pengguna untuk mengetahui bahwa pengguna sedang berada dalam area tertentu tanpa harus memberitahu lokasi spesifik si pengguna. Misalnya, alih-alih mengatakan si pengguna sedang berada di Starbucks Melawai, pengguna hanya akan terlihat sedang berada di daerah kebayoran baru/Jakarta.

fs_4

Untuk halaman home screen dari Swarm, pengguna akan disajikan dengan jarak teman-teman pengguna ke pengguna itu sendiri, jarak ini dibagi menjadi 6 bagian yaitu Right here (500 feet), A short walk away (1.0 mile), Nearby (5.0 miles), In the area, (20 miles) dan Far far away.

Satu fitur yang menarik buat gue adalah kemampuan si pengguna untuk membuat “Plan” dimana bisa gw bilang semacam Itinerary kecil yang nantinya berguna ketika si pengguna sedang melakukan travel bersama teman2xnya karena Plan yang telah dibuat bisa dilihat oleh teman2x si pengguna yang sedang berada pada lokasi yang sama dengan si pengguna “Nearby Plans”.

Satu lagi fitur yang gak kalah penting yaitu fitur mention dengan menggunakan simbol “@” pada saat ingin menuliskan nama teman atau lokasi/venue.

Swarm juga memperkenalkan Sticker, Mayor 2.0, dan sistem badge yang baru (Coming soon).

Ada dua jenis stiker, mood dan kategori. Pengguna dapat menambahkan stiker mood untuk setiap check-in. Kategori stiker didasarkan pada lingkungan pengguna. Misalnya, ketika pengguna sedang berada di Starbucks si pengguna bisa menambahkan stiker kopi pada check-in nya, stiker2x ini tidak semuanya di unlock oleh foursquare, jadi semakin banyak check-in akan semakin banyak stiker yang ter-unlock.

fs_6

Untuk sistem Mayorship, si pengguna tidak lagi berkompetisi dengan seluruh pengguna foursquare yang totalnya sekitar 50Juta orang, jadi si pengguna hanya akan berkompetisi dengan teman-temannya saja.

Badge sistem yang baru sedang dipersiapkan oleh Foursquare, jadinya yaaa stay tune aja!

Oke deh mas bro mbak sis , silahkan di jajal app baru yang satu ini :)

Khalid Adisendjaja

Internet tech wanderer. Networking enthusiast. Radio Announcer. Casual Gamer. OpenSource Fans. Information Junkies. My tweet is my own.

Jakarta, Indonesia http://khal.web.id