Wow topik lama nih, sumpah deh ga boong, kira-kira bulan Oktober tahun 2011 lalu, Facebook meluncurkan metrik baru buat Fan page insights yang namanya People talking about this ato biasa disingkat “PTAT” artinya berapa banyak orang yang ngomongin soal fan page lo. Banyak dari owner/admin dari fan page berpikiran bahwa ini merupakan salah satu ukuran seberapa besar user facebook engage dengan fan page-nya, tapi sebenernya PTAT itu tidak demikian, bahkan kalau gue bisa bilang, PTAT ga ada korelasi dengan engagement.

Kenapa begitu? Loh kok? Terus buat apa tuh PTAT? Untung-rugi nya apa?

Dari sisi definisi yang sebenarnya, PTAT adalah total dari user facebook yang membuat cerita/stories tentang fan page lo di timeline user itu sendiri dalam kurun waktu per-7 hari. Pertanyaannya adalah, bagaimana user itu membuat cerita/stories dari fan page lo?

Ketika user melakukan hal-hal tersebut di bawah ini user secara sadar akan membuat cerita/stories dari fan page lo.

  • nge-like fan page
  • nge-post di fan page wall
  • nge-like status updates dari fan page
  • bikin comment di status update dari fan page
  • nge-klik tombol share dari status updates dari fan page
  • menjawab “Question” dari fan page
  • RSVP event si fan page
  • mention fan page di wall-nya user sendiri dengan menggunakan “@”
  • nge-tag fan page di dalam foto user.
  • check in tempat (Ini berguna kalo fan page lo itu adalah sebuah lokasi)
  • nge-share check-in deal yang ada di fan page
  • nge-like a check-in deal yang ada di fan page
  • menulis di recommendation

Dari semua action di atas, kalau dihubungkan dengan definisi dari PTAT di atas, bisa dibilang begini,ketika satu orang user melakukan satu atau banyak comment di satu post, lalu user tersebut melakukan like dan share pada post tersebut juga, maka nilai dari PTAT hanya akan bertambah 1 poin saja, karena harus 1 unik user per-post.

Nilai PTAT akan selalu di reset tiap 7 hari, karena itu penting banget untuk membuat content/event/promosi/campaign yg bisa membujuk user untuk melakukan action-action di atas tiap harinya.

Nah! belum selesai nih, terus bagaimana kelanjutan dengan yg namanya engagement, kenapa engagement dan PTAT itu tidak berkorelasi satu sama lain. Engagement secara gamblang bisa dibilang ukuran aggregat dari interaksi konten fan page secara konsisten.

Jadi belum tentu ketika nilai PTAT rendah nilai engagement jadi ikut rendah, PTAT juga tidak ada hubungannya dengan adanya fan page post yg tidak menarik sehingga PTAT menjadi rendah, yang benar adalah nilai PTAT yang tinggi bisa berbanding lurus dengan pertumbuhan jumlan fans tinggi juga.

Artikel menarik untuk dibaca, Why PTAT Doesnt Correlate with Engagement in Facebook Analytics.

Udah deh gitu aja, jadi jangan sedih karena di judge content fan page lo buruk trus PTAT lo sedikit berarti engagement lo jelek, ya gak gitu juga kaleeeee! yang bener tuh fan page lo itu sepi akan event ato promosi ato campaign yg bisa menarik user lebih ngomongin soal fan page lo.