Bicara soal "People talking about this"-nya Facebook fan page

Wow topik lama nih, sumpah deh ga boong, kira-kira bulan Oktober tahun 2011 lalu, Facebook meluncurkan metrik baru buat Fan page insights yang namanya “People talking about this” ato biasa disingkat “PTAT” artinya berapa banyak orang yang ngomongin soal fan page lo (*Definisi gamblang). Banyak dari owner/admin dari fan page berpikiran bahwa ini merupakan salah satu ukuran seberapa besar user facebook engage dengan fan page-nya, tapi sebenernya PTAT itu tidak demikian, bahkan kalau gue bisa bilang, PTAT ga ada korelasi dengan engagement.

Kenapa begitu? Loh kok? Terus buat apa tuh PTAT? Untung-rugi nya apa?

Kalau secara logika gini aja, ya mungkin “Banyak orang ato beberapa yang ngomongin lo, tapi kan belum tentu mereka mau kenalan ato engage sama lo” (*Sori, sedikit ada unsur curhat). Dari sisi definisi yang sebenarnya, PTAT adalah total dari unik user facebook yang membuat cerita/stories tentang fan page lo di home feed/timeline/news feed user itu sendiri dalam kurun waktu per-7 hari. Pertanyaannya adalah, bagaimana user itu membuat cerita/stories dari fan page lo?

Ketika user melakukan hal-hal tersebut di bawah ini user secara sadar akan membuat cerita/stories dari fan page lo.

  • nge-like fan page
  • nge-post di fan page wall
  • nge-like status updates dari fan page
  • bikin comment di status update dari fan page
  • nge-klik tombol share dari status updates dari fan page
  • menjawab “Question” dari fan page
  • RSVP event si fan page
  • mention fan page di wall-nya user sendiri dengan menggunakan “@”
  • nge-tag fan page di dalam foto user.
  • check in tempat (Ini berguna kalo fan page lo itu adalah sebuah lokasi)
  • nge-share check-in deal yang ada di fan page
  • nge-like a check-in deal yang ada di fan page
  • menulis di recommendation
  • claiming an offer dari fan page

Dari semua action di atas, kalau dihubungkan dengan definisi dari PTAT di atas, bisa dibilang begini,
Ketika satu orang user melakukan satu atau banyak comment di satu post, lalu user tersebut melakukan like dan share pada post tersebut juga, maka nilai dari PTAT hanya akan bertambah 1 poin saja, karena harus 1 unik user per-post. Nilai PTAT akan selalu di reset tiap 7 hari, karena itu penting banget untuk membuat content/event/promosi/campaign yg bisa membujuk user untuk melakukan action-action di atas tiap harinya (*Yaaaaa, kelesssssss). The bad things is karena nilai PTAT itu bisa dilihat publik ya jadinya buat user yg tidak mengerti apa arti PTAT itu, if you number sucks then everyone can see it.

Nah! belum selesai nih, terus bagaimana kelanjutan dengan yg namanya engagement, kenapa engagement dan PTAT itu tidak berkorelasi satu sama lain. Engagement secara gamblang bisa dibilang ukuran aggregat dari interaksi konten **** fan page secara konsisten. Jadi belum tentu ketika nilai PTAT rendah nilai engagement jadi ikut rendah, PTAT juga tidak ada hubungannya dengan adanya fan page post yg tidak menarik sehingga PTAT menjadi rendah, yang benar adalah nilai PTAT yang tinggi bisa berbanding lurus dengan pertumbuhan jumlan fans tinggi juga. Sebuah studi kasus yg menurut gw bisa membuat lo lebih mengerti soal PTAT bisa dilihat di sini.

Udah deh gitu aja, jadi jangan sedih karena di judge content fan page lo buruk trus PTAT lo sedikit berarti engagement lo jelek, ya gak gitu juga kaleeeee! yang bener tuh fan page lo itu sepi akan event ato promosi ato campaign yg bisa menarik user lebih ngomongin soal fan page lo.

Ya sperti yang gw bilang diatas,

“Mungkin banyak orang yang ngomongin lo, tapi kan belum tentu mereka mau kenalan ato engage sama lo”

Khalid Adisendjaja

Internet tech wanderer. Networking enthusiast. Radio Announcer. Casual Gamer. OpenSource Fans. Information Junkies. My tweet is my own.

Jakarta, Indonesia http://khal.web.id