Mungkin beberapa dari lo, sudah mendengar soal media blogging yang satu ini, Ghost pertama kali dicetuskan oleh John O’Nolan anggota dari Core Wordpress UI team. Berawal dari sebuah thread pada Hacker News membicarakan bagaimana sih seharusnya media blogging platform itu.

Karena banyak mendapat respon yang cukup tinggi, proyek ini dimulai dengan menggunakan sebuah crowdfunding platform Kickstarter di pertengahan tahun 2013 untuk mencari seberapa besarkah minat para blogger.

Hasil akhir dari crowdfunding tersebut cukup memuaskan, ada sekitar kurang lebih 5000 backers dan terkumpul dana sekitar US$190K ternyata masih banyak user yang memang membutuhkan sebuah media blogging yang memang hanya dikhususkan untuk blogging.

Ghost akhirnya launching untuk publik pada pertengahan Oktober melalui website Ghost.org, user bisa melakukan registrasi untuk mendapatkan source dari aplikasinya untuk mencoba instalasi di hosting pribadi masing2x, untuk instalasi di shared host spertinya banyak para hosting provider belum mendukung Ghost, tapi beberapa dari VPS luar negri seperti Amazon EC2, DreamHost, media temple, digitalocean, atau rackspace bisa memudahkan installasi Ghost.

Saat ini Ghost bisa di download dan install manual pada server pribadi, mungkin kedepannya mereka akan membuat hosting-service seperti platform blogging lainnya.

Versi publik pertama dari Ghost belum menampilkan fitur dashboard, multi-user, scheduled post, dll. Tapi sudah bisa digunakan sebagaimana mestinya blogging platform. Roadmap bisa dilihat di Github, dijelaskan pada akhir Desember fitur dashboard dan multi-user sudah bisa dipergunakan.

WelcomeToGhost
Ghost memperkenalkan content editor yg sangat sederhana (realtime preview) dan mudah digunakan dengan menggunakan standar markdown

Kalo lo mau mencoba Ghost pastikan aja kalo Hosting Provider menyediakan NodeJS server. Cara Instalasi bisa klik disini ato bisa coba www.howtoinstallghost.com

Jadi brosis! Selamat Mencoba!!!

Buat yg mau nyoba aja, ini gw ada preview di VPS pribadi, cek aja

URL : http://labs.khal.web.id/ghost
Email: demo@khal.web.id
Password: password